Contoh Makalah Penyantunan Anak Yatim
MAKALAH TUGAS CHARACTER BUILDING
SANTUNAN ANAK YATIM BERSAMA
PT. NGK BUSI INDONESIA
Disusun Oleh
:
Pandu Jaya
Winata 13160289
Darma Wijaya 13160766
Yogi Adi
Pratama 13160025
Syaripudin 13160119
Kuswanto 13160470
Alin Rismita 13160967
Syaefri Firhan 13161271
Jeremy Candra 13160822
Taufik
Kurniawan 13160057
Prasetya Eka
Putra 13161242
Nopem
Herahmadi 13160136
Syakil Ahmad 13161307
Muhammad
Fauzan 13161102
Kris Defri
Yanto 13161114
Faisyal
Aditia 13161053
Muhammad Al
Farisi 13160722
Jurusan Teknik Komputer
Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana
Informatika
Bina Sarana Informatika
Depok
2017
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum Wr.Wb
Puji syukur Alhamdulillah, penulis
panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat, Ridho dan Karunia-Nya kepada kami dalam menyusun dan
menyelesaikan makalah ini. Dimana tugas ini penulis sajikan dalam bentuk buku
sederhana. Adapun judul dari penulisan tugas ini adalah “Santunan Anak Yatim Bersama
PT. NGK Busi Indonesia”.
Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah
untuk memenuhi persyaratan mendapatkan nilai UAS mata kuliah Character
Building. Sebagai bahan penulisan, data di ambil berdasarkan riset dengan
mengunjungi Narasumber
untuk mendukung penulisan ini. Penulis menyadari bahwa tanpa bimbingan dan dorongan
dari semua pihak, maka penulisan tugas ini tidak akan berjalan lancar. Oleh
karena itu, pada kesempatan kali ini, izinkanlah penulis menyampaikan ucapan
terimakasih yang sebesar-sebesarnya kepada :
1. Bapak
Adianta Sebayang selaku dosen
pengajar mata kuliah Character Building.
2. PT. NGK Busi Indonesia Sebagai Penyelenggara Acara
3. FNGKP (Forum NGK Peduli) Selaku Panitia Acara
4. Bapak
Iwan Setiawan selaku Ketua Pelaksana Acara.
5. Rekan-rekan
mahasiswa kelas 13.2E.01
Penulis menyadari
bahwa penulisan makalah ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu, penulis akan
dengan senang hati menerima kritikan dan saran yang bersifat membangun, demi
kesempurnaan dimasa yang akan datang.
Akhir kata, semoga penulisan makalah ini bisa
bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi
para pembaca yang berminat pada umumnya.
Depok, 20 Mei 2017
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
Lembar Judul Makalah …………………………………………………….……………….
i
Kata Pengantar
…………………………………………………………………….……….. ii
Daftar Isi
………………………………………………………………………..…………... iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang………………………………………………………….. 1
1.2 Rumusan Masalah
……………………………………………………… 1
1.3 Maksud dan Tujuan
…………………………………………………….. 1
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pelaksanaan Kegiaatan ………………………………………………… 2
2.2 Susunan Kepanitiaan …………………………………………………... 2
2.3 Anggaran
Dana ………………………………………………………… 3
2.4 Motivasi
………………………………………………………………... 4
2.5 Rundown Acara Sesi BSI ………………………………………………. 4
2.6 Game …………………………………………………………………… 4
2.7 Presentasi Motivasi …………………………………………………...... 5
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan
…………………………………………………………….. 7
BAB IV LAMPIRAN-LAMPIRAN………………………………………………… 8
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Permasalahan
Anak yatim / piatu dilingkungan kita, sebagian besar
hidupnya dalam keadaan tidak baik, karena kehilangan tulang punggung pencari
nafkah dan figure orang tua dalam hidupnya. Dan seiring dengan berjalannya
waktu demi waktu, seiring semakin tingginya biaya hidup, maka memaksa anak
yatim / piatu untuk mencari nafkah sendiri. Hal tersebut akan berdampak sangat
tidak baik bagi kehidupan mereka, mereka akan kehilangan waktu untuk menuntut
ilmu yang merupakan kewajiban mereka.
Kami mahasiswa BSI Margonda kelas 13.2E.01 dan PT. NGK
Busi Indonesia membuat sebuah kegiatan yaitu “Penyantunan Anak Yatim / Piatu”.
Namun dengan begitu banyaknya anak yatim / piatu yang ada, maka tidak
dimungkinkan untuk semua anak tersebut mendapatkan penyantunan. Maka dibuatlah
secara rutin setiap tahunnya.
1.2 Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dalam makalah ini adalah
sebagai berikut :
1.
Bagaimana peran masyarakat terhadap anak yatim / piatu tersebut
2.
Faktor apakah yang melatar belakangi adanya tradisi santunan ini di PT.
NGK Busi Indonesia
3.
Bagaimana pelaksanaan tradisi santunan di PT. NGK Busi Indonesia
1.3 Maksud dan
Tujuan
Adapun maksud dan tujuan kami adalah :
1. Untuk
memenuhi tugas mata kuliah Character
Building sebagai pengganti UAS (Ujian Akhir
Semester) pada program Diploma III semester 2
jurusan Teknik Komputer di Akademi
Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika (AMIK BSI).
2. Menjadikan kegiatan ini titik tolak langkah ke depan
untuk menumbuh kembangkan dan memasyarakatkan nilai-nilai sosial ke
masyarakatan
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pelaksanaan Kegiatan
Nama
Kegiatan
Santunan
anak yatim/piatu
Tema Kegiatan
“
Indahnya Silahturami Indahnya Berbagi “
Tempat
dan Waktu kegiatan
Hari
: Kamis
Tanggal :
11 Mei 2017
Waktu :
08.00 s/d Selesai
Jenis
Kegiatan
·
Sambutan
·
Tausiyah
·
Games
·
Presentasi Motivasi
·
Santunan sejumlah 55 orang
2.2 Susunan Kepanitian
Penanggung Jawab : Forum NGK Peduli
Ketua Pelaksana : Iwan
Setiawan
Ketua DKM :
Syamsudin
Sekretaris :
pepen efendi
Bendahara :
maskanah
Sie humas :
suhendra
Sie konsumsi :
endah saffriani
Sie kebersihan :
jujun junaedi
Seksi – seksi
1.
Sie. Presentasi :
Pandu Jaya Winata
2.
Sie. Presentasi : Darma Wijaya
3.
Sie. Game Karet : Yogi Adi Pratama
4.
Sie. Game Kata
Beruntun : Syaripudin
5.
Sie. Game Hulahop : Kuswanto
6.
Sie. Game : Alin
7.
Sie. Game :
Nopem Herahmadi
8.
Sie. Game : Syakil Ahmad
Ginanjar
9.
Sie. Game : Muhammad
Fauzan Safari
10.
Sie. Game : Kris Defri
Yanto
11.
Sie. Game : faisyal Aditia
12.
Sie. Dokumentasi : Syaefri Firhan
13.
Sie. Dokumentasi : Jeremy Candra Lauwijaya
14.
Sie. Dokumentasi : Prasetya Eka Putra
15.
Sie. Dokumentasi : Taufik Kurnia
16.
Sie. Costplay :
Muhammad Al Farisi
2.3 Anggaran Dana
NO
|
|
|
PENGELUARAN
|
SALDO
AKHIR
|
1
|
PENGUMPUKAN DANA
|
1,000,000
|
|
|
2
|
TAMBAHAN FNGKP
|
500,000
|
|
1,500,000
|
3
|
SEDOTAN
|
10,000
|
|
|
4
|
KARET
|
6,000
|
|
|
5
|
TAMBANG
|
20,000
|
|
|
6
|
BOTOL VIOLA 5 LUSIN
|
360,000
|
|
|
7
|
TEMPAT MAKAN 5 LUSIN
|
425,000
|
|
|
8
|
TEMPAT PENSIL 33 PCS
|
495,000
|
|
|
9
|
PLASTIK BINGKISAN 5 LUSIN
|
75,000
|
|
|
10
|
TRASH BAG
|
12,000
|
|
|
11
|
KERTAS COPY DAN SOLASI
|
16,000
|
|
|
12
|
PULPEN 1 BOX
|
18,000
|
|
|
13
|
BENK BENK 2 BOX
|
54,000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1,491,000
|
|
|
|
|
|
9,000
|
2.4 Motivasi
Pesan yang kami coba sampaikan kepada peserta santunan
yaitu berubah pola pikir anak agar menjadi akhlak sholeh dan senantiasa
berbakti kepada orang tua dan berguna bagi Agama, Nusa, dan Bangsa
2.5 Rundown acara
sesi BSI
Kelompk kami dibei tanggung jawab untuk mengisi acara
berupa game dan presentsi motivasi. Yaitu
2.6 Game
Kami menyediakan 3 game dengan cara mengelompokan
peserta menjadi 5 kelompok. game yang kami sediakan diantaranya :
2.6.1 Mentransfer
karet dengan sedotan
Rules
:
1.
Peserta
di minta untuk berbaris dengan jarak kurang lebih 1 meter/peserta
2.
Peserta
masing2 di berikan 1 buah sedotan dan di gigit
3.
Peserta
paling kanan menajadi orang pertama
Cara bermain :
-
PIC
game manaruh karet gelang di sedotan yang di gigit peserta pada orang pertama.
-
Tugas
mereka mentransfer karet gelang tersebut sampai pada orang terakhir dan di
taruh di sebuah wadah tanpa menggunakan tangan , kelompok yang paling banyak
mengumpulkan karet gelang tersebut dial ah pemenangnya.
Tujuan
Melatih konsentrasi
dan ketangkasan anak peserta santunan
2.6.2 Memindahkan gelang holahoop
Rules
:
Peserta
membentuk lingkaran dengan saling berpegangan tangan.
Cara
bermain :
-
Setelah
peserta membentuk lingkaran PIC memilih 1 orang untuk jadi poros utama.
-
PIC
meletakkan tali yang sudah di ikat terhubung ( membentuk seperti hulahop ) pada
sela-sela barisan mereka.
-
Tugas
peserta adalah mentransfer tali hulahop tanpa melepas pegangan tangan,itu
sampai pada titik poros pertama.
-
Pemenang
adalah tali hulahop Yang tercepat sampai pada poros utama.
Tujuan
Melatih kelihaian
dan syaraf motoric pada anak peserta santunan
2.6.3 Berita beruntun
Rules
:
Peserta
di arahkan membuat barisan bentuk banjar dengan posisi ketua kelompok paling
belakang.
Peserta
di minta untuk menutup mata dan telinga menggunakan tangan kecuali ketua
kelompok.
Cara
bermain :
1.
PIC
menentukan berita contoh kata : motor bebek
2.
Ketua
kelompok di minta melakukan gerakan yang mengarah ke berita yang di kasih PIC,
lalu menyampaikan pada orang ke-2 tanpa berbicara HANYA MENGGUNAKAN GERAKAN ,
terus seperti itu sampai orang terakhir , lalu orang terakhir di minta untuk
menebak apa berita yang di berikan PIC.
3.
Kelompok
yang mempu menebak dengan benar dan tercepat dialah pemenangnya
4.
Kesempatan
menebak 3x
Tujuan :
Melatih konsentrasi, daya ingat, dan pengetahuan umum pada peserta
santunan
2.7 Presentasi motivasi
Ciri-ciri anak soleh
1.
Taat kepada Allah swt
2.
Berbakti dan slalu mendoakan orang tua
3.
Bila berbicara tidak menatap kearah mata orang tuanya
4.
Tidak mengeluh dengan kekurangannya
5.
Mudah memaafkan kesalahan orang tuanya “ ingat kesalahan orang tua tidak
menutupi jasa besarnya kepada kita”
6.
Tidak menghiung / mengungkit-ungkt kebaikan yang kita lakukan
7.
Walau berbeda agamanya tetap berbakti tanpa harus mengikuti agamnya
8.
Mau merawat orang tuanya (saat
sakit atau masa tuanya)
9.
Klau ada nasihat utuk orang tuanya
disampaikan dengan pela-pelan dan lembut
10.
Kkalau ternyata orang tuanya menyakiti , balas dengan sabar, berdoa,
tetap sayang, berbaik sangka dan tawakal
11.
Senang membuatnya tersenyum
Tips mejadi anak soleh
1.
Mentaati orang tuanya selagi bukan maksiat
2.
Menjaga tingkah laku & ahlak
3.
Menjaga amalan karena ALLAH swt
BAB
III
PENUTUP
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Berdasarkan pada bab
sebelumnya serta bab pembahasan yang disertai dengan motivasi yang mendukung
anak untuk merubah pola fikir anak menjadi anak yang berakhlak sholeh dan
senantiasa berbakti kepada orang tua dan berguna bagi Agama, Nusa, dan Bangsa ,
Maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut :
1. Menjadikan kegiatan ini titik tolak langkah ke depan
untuk menumbuh kembangkan dan memasyarakatkan nilai-nilai sosial ke
masyarakatan
2. Menjadikan kegiatan ini motivasi bagi mereka
3.
Melatih kelihaian dan syaraf motorik pada anak peserta santunan
4.
Melatih konsentrasi, daya ingat, dan pengetahuan umum pada peserta
santunan
Comments
Post a Comment