Contoh Makalah Penyantunan Anak Yatim

MAKALAH TUGAS CHARACTER BUILDING
SANTUNAN ANAK YATIM BERSAMA
PT. NGK BUSI INDONESIA

 

Disusun Oleh :

Pandu Jaya Winata                                    13160289
Darma Wijaya                                            13160766
Yogi Adi Pratama                                      13160025
Syaripudin                                                  13160119
Kuswanto                                                   13160470
Alin Rismita                                               13160967
Syaefri Firhan                                            13161271
Jeremy Candra                                           13160822
Taufik Kurniawan                                      13160057
Prasetya Eka Putra                                     13161242
Nopem Herahmadi                                     13160136
Syakil Ahmad                                            13161307
Muhammad Fauzan                                   13161102
Kris Defri Yanto                                        13161114
Faisyal Aditia                                             13161053
Muhammad Al Farisi                                 13160722


Jurusan Teknik Komputer
Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika
Bina Sarana Informatika
Depok
2017


KATA PENGANTAR
Assalamualaikum Wr.Wb
Puji syukur Alhamdulillah, penulis panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat, Ridho dan Karunia-Nya kepada kami dalam menyusun dan menyelesaikan makalah ini. Dimana tugas ini penulis sajikan dalam bentuk buku sederhana. Adapun judul dari penulisan tugas ini adalah “Santunan Anak Yatim Bersama PT. NGK Busi Indonesia”.
Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi persyaratan mendapatkan nilai UAS mata kuliah Character Building. Sebagai bahan penulisan, data di ambil berdasarkan riset dengan mengunjungi Narasumber untuk mendukung penulisan ini. Penulis menyadari bahwa tanpa bimbingan dan dorongan dari semua pihak, maka penulisan tugas ini tidak akan berjalan lancar. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, izinkanlah penulis menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-sebesarnya kepada :
1.      Bapak Adianta Sebayang selaku dosen pengajar mata kuliah Character Building.
2.      PT. NGK Busi Indonesia Sebagai Penyelenggara Acara
3.      FNGKP (Forum NGK Peduli) Selaku Panitia Acara
4.      Bapak Iwan Setiawan selaku Ketua Pelaksana Acara.
5.      Rekan-rekan mahasiswa kelas 13.2E.01
Penulis menyadari bahwa penulisan makalah ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu, penulis akan dengan senang hati menerima kritikan dan saran yang bersifat membangun, demi kesempurnaan dimasa yang akan datang.
 Akhir kata, semoga penulisan makalah ini bisa bermanfaat bagi penulis khususnya  dan bagi para pembaca yang berminat pada umumnya.

Depok, 20 Mei 2017



Penulis


DAFTAR ISI

    Halaman

Lembar Judul Makalah …………………………………………………….………………. i
Kata Pengantar …………………………………………………………………….……….. ii
Daftar Isi ………………………………………………………………………..…………... iii

BAB I             PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang………………………………………………………….. 1
1.2 Rumusan Masalah ……………………………………………………… 1
1.3 Maksud dan Tujuan …………………………………………………….. 1

BAB II            PEMBAHASAN
2.1  Pelaksanaan Kegiaatan ………………………………………………… 2
2.2  Susunan Kepanitiaan …………………………………………………... 2
2.3  Anggaran Dana ………………………………………………………… 3
2.4  Motivasi ………………………………………………………………... 4
2.5 Rundown Acara Sesi BSI ………………………………………………. 4
2.6 Game …………………………………………………………………… 4
2.7 Presentasi Motivasi …………………………………………………...... 5

BAB III          PENUTUP
                        3.1 Kesimpulan …………………………………………………………….. 7

BAB IV          LAMPIRAN-LAMPIRAN………………………………………………… 8


BAB I
PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang Permasalahan
Anak yatim / piatu dilingkungan kita, sebagian besar hidupnya dalam keadaan tidak baik, karena kehilangan tulang punggung pencari nafkah dan figure orang tua dalam hidupnya. Dan seiring dengan berjalannya waktu demi waktu, seiring semakin tingginya biaya hidup, maka memaksa anak yatim / piatu untuk mencari nafkah sendiri. Hal tersebut akan berdampak sangat tidak baik bagi kehidupan mereka, mereka akan kehilangan waktu untuk menuntut ilmu yang merupakan kewajiban mereka.

Kami mahasiswa BSI Margonda kelas 13.2E.01 dan PT. NGK Busi Indonesia membuat sebuah kegiatan yaitu “Penyantunan Anak Yatim / Piatu”. Namun dengan begitu banyaknya anak yatim / piatu yang ada, maka tidak dimungkinkan untuk semua anak tersebut mendapatkan penyantunan. Maka dibuatlah secara rutin setiap tahunnya.

1.2   Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dalam makalah ini adalah sebagai berikut :
1.      Bagaimana peran masyarakat terhadap anak yatim / piatu tersebut
2.      Faktor apakah yang melatar belakangi adanya tradisi santunan ini di PT. NGK Busi Indonesia
3.      Bagaimana pelaksanaan tradisi santunan di PT. NGK Busi Indonesia

1.3   Maksud dan Tujuan
Adapun maksud dan tujuan kami adalah :
1.      Untuk memenuhi tugas mata kuliah Character Building sebagai pengganti UAS (Ujian Akhir Semester) pada program Diploma III semester 2 jurusan Teknik Komputer di Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika (AMIK BSI).
2.      Menjadikan kegiatan ini titik tolak langkah ke depan untuk menumbuh kembangkan dan memasyarakatkan nilai-nilai sosial ke masyarakatan


BAB II
PEMBAHASAN

2.1     Pelaksanaan Kegiatan
Nama Kegiatan
Santunan anak yatim/piatu
Tema Kegiatan
“ Indahnya Silahturami Indahnya Berbagi “
Tempat dan Waktu kegiatan
Hari                             :  Kamis
Tanggal                       : 11 Mei 2017
Waktu                         : 08.00 s/d Selesai
Jenis Kegiatan
·         Sambutan
·         Tausiyah
·         Games
·         Presentasi Motivasi
·         Santunan sejumlah 55 orang

2.2     Susunan Kepanitian
Penanggung Jawab                 : Forum NGK Peduli
Ketua Pelaksana                      :  Iwan Setiawan
Ketua DKM                            : Syamsudin
Sekretaris                                : pepen efendi
Bendahara                               : maskanah
Sie humas                                : suhendra
Sie konsumsi                           : endah saffriani
Sie kebersihan                         : jujun junaedi
           

Seksi – seksi
1.                  Sie. Presentasi                         : Pandu Jaya Winata
2.                  Sie. Presentasi                         : Darma Wijaya
3.                  Sie. Game Karet                      : Yogi Adi Pratama
4.                  Sie. Game Kata Beruntun       : Syaripudin
5.                  Sie. Game Hulahop                 : Kuswanto
6.                  Sie. Game                                : Alin
7.                  Sie. Game                                : Nopem Herahmadi
8.                  Sie. Game                                : Syakil Ahmad Ginanjar
9.                  Sie. Game                                : Muhammad Fauzan Safari
10.              Sie. Game                                : Kris Defri Yanto
11.              Sie. Game                                : faisyal Aditia
12.              Sie. Dokumentasi                    : Syaefri Firhan
13.              Sie. Dokumentasi                    : Jeremy Candra Lauwijaya
14.              Sie. Dokumentasi                    : Prasetya Eka Putra
15.              Sie. Dokumentasi                    : Taufik Kurnia
16.              Sie. Costplay                           : Muhammad Al Farisi

2.3  Anggaran Dana
NO


PENGELUARAN
SALDO AKHIR
1
PENGUMPUKAN DANA
1,000,000


2
TAMBAHAN FNGKP
500,000

1,500,000
3
SEDOTAN
10,000


4
KARET
6,000


5
TAMBANG
20,000


6
BOTOL VIOLA 5 LUSIN
360,000


7
TEMPAT MAKAN 5 LUSIN
425,000


8
TEMPAT PENSIL 33 PCS
495,000


9
PLASTIK BINGKISAN 5 LUSIN
75,000


10
TRASH BAG
12,000


11
KERTAS COPY DAN SOLASI
16,000


12
PULPEN 1 BOX
18,000


13
BENK BENK 2 BOX
54,000










1,491,000





9,000




















2.4  Motivasi
Pesan yang kami coba sampaikan kepada peserta santunan yaitu berubah pola pikir anak agar menjadi akhlak sholeh dan senantiasa berbakti kepada orang tua dan berguna bagi Agama, Nusa, dan Bangsa

2.5  Rundown acara sesi BSI
Kelompk kami dibei tanggung jawab untuk mengisi acara berupa game dan presentsi motivasi. Yaitu

2.6  Game
Kami menyediakan 3 game dengan cara mengelompokan peserta menjadi 5 kelompok. game yang kami sediakan diantaranya :

2.6.1 Mentransfer karet dengan sedotan
           Rules :
1.                     Peserta di minta untuk berbaris dengan jarak kurang lebih 1 meter/peserta
2.                     Peserta masing2 di berikan 1 buah sedotan dan di gigit
3.                     Peserta paling kanan menajadi orang pertama
Cara bermain :                     
-          PIC game manaruh karet gelang di sedotan yang di gigit peserta pada orang pertama.
-          Tugas mereka mentransfer karet gelang tersebut sampai pada orang terakhir dan di taruh di sebuah wadah tanpa menggunakan tangan , kelompok yang paling banyak mengumpulkan karet gelang tersebut dial ah pemenangnya.
Tujuan

Melatih konsentrasi dan ketangkasan anak peserta santunan

2.6.2 Memindahkan gelang holahoop
Rules :
Peserta membentuk lingkaran dengan saling berpegangan tangan.

Cara bermain :
-    Setelah peserta membentuk lingkaran PIC memilih 1 orang untuk jadi poros utama.
-    PIC meletakkan tali yang sudah di ikat terhubung ( membentuk seperti hulahop ) pada sela-sela barisan mereka.
-    Tugas peserta adalah mentransfer tali hulahop tanpa melepas pegangan tangan,itu sampai pada titik poros pertama.
-    Pemenang adalah tali hulahop Yang tercepat sampai pada poros utama.
Tujuan
Melatih kelihaian dan syaraf motoric pada anak peserta santunan
2.6.3 Berita beruntun
Rules :
Peserta di arahkan membuat barisan bentuk banjar dengan posisi ketua kelompok paling belakang.
Peserta di minta untuk menutup mata dan telinga menggunakan tangan kecuali ketua kelompok.
Cara bermain :
1.               PIC menentukan berita contoh kata : motor bebek
2.      Ketua kelompok di minta melakukan gerakan yang mengarah ke berita yang di kasih PIC, lalu menyampaikan pada orang ke-2 tanpa berbicara HANYA MENGGUNAKAN GERAKAN , terus seperti itu sampai orang terakhir , lalu orang terakhir di minta untuk menebak apa berita yang di berikan PIC.
3.      Kelompok yang mempu menebak dengan benar dan tercepat dialah pemenangnya
4.      Kesempatan menebak  3x

Tujuan :

Melatih konsentrasi, daya ingat, dan pengetahuan umum pada peserta santunan

2.7  Presentasi motivasi

            Ciri-ciri anak soleh
1.      Taat kepada Allah swt
2.      Berbakti dan slalu mendoakan orang tua
3.      Bila berbicara tidak menatap kearah mata orang tuanya
4.      Tidak mengeluh dengan kekurangannya
5.      Mudah memaafkan kesalahan orang tuanya “ ingat kesalahan orang tua tidak menutupi jasa besarnya kepada kita”
6.      Tidak menghiung / mengungkit-ungkt kebaikan yang kita lakukan
7.      Walau berbeda agamanya tetap berbakti tanpa harus mengikuti agamnya
8.      Mau merawat orang tuanya (saat  sakit atau masa tuanya)
9.      Klau ada nasihat utuk orang tuanya  disampaikan dengan pela-pelan dan lembut
10.  Kkalau ternyata orang tuanya menyakiti , balas dengan sabar, berdoa, tetap sayang, berbaik sangka dan tawakal
11.  Senang membuatnya tersenyum

Tips mejadi anak soleh
1.      Mentaati orang tuanya selagi bukan maksiat
2.      Menjaga tingkah laku & ahlak
3.      Menjaga amalan  karena ALLAH swt



BAB III
PENUTUP

3.1     Kesimpulan
Berdasarkan pada bab sebelumnya serta bab pembahasan yang disertai dengan motivasi yang mendukung anak untuk merubah pola fikir anak menjadi anak yang berakhlak sholeh dan senantiasa berbakti kepada orang tua dan berguna bagi Agama, Nusa, dan Bangsa , Maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut :

1.      Menjadikan kegiatan ini titik tolak langkah ke depan untuk menumbuh kembangkan dan memasyarakatkan nilai-nilai sosial ke masyarakatan
2.      Menjadikan kegiatan ini motivasi bagi mereka
3.      Melatih kelihaian dan syaraf motorik pada anak peserta santunan

4.      Melatih konsentrasi, daya ingat, dan pengetahuan umum pada peserta santunan

Comments

Popular posts from this blog

Rangkaian Lampu Flip Flop

Program Kasir dengan Borland C++